Karya Mahasiswa PIAUD Unisla Mendukung Kemampuan Baca Anak Usia Dini

Melalui karya mahasiswa Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Elvin Nur Dina, Universitas Islam Lamongan (Unisla) menunjukkan dukungannya untuk terlibat dalam pengembangan teknologi baca anak usia dini.

Buku “Mengenal Alfabet” ini, dikatakan Elvin, memang didesain untuk membantu para orang tua dan guru dalam memberikan stimulus kepada anak.

Menurut Elvin, saat anak memasuki tahap membaca, dibutuhkan stimulus yang sesuai dengan tahapan usianya untuk memudahkan anak dalam mengenal dan menulis alfabet secara maksimal.

“Anak usia 4-6 tahun memasuki tahap membaca gambar dan tahap pengenalan bacaan. Dengan menggunakan buku ini anak dapat menulis di dalam bukunya dan menghapus kembali tulisan tersebut,” kata Elvin ketika ditemui di Laboratorium Anak Usia Dini Unisla, Kamis, (5/11/2020).

Elvin menuturkan, masa anak usia dini sering disebut dengan “Golden Age” atau masa keemasan dimana perkembangan anak berlangsung secara cepat, begitupun dengan perkembangan membaca mereka.

“Menurut para ahli tahapan perkembangan membaca anak melewati lima tahapan,” ujarnya.

Lima tahapan itu, kata Elvin, adalah fantasy (magic stage), tahap pembentukan konsep diri (self concept stage), tahap membaca gambar (bridding reading stage), tahap pengenalan bacaan (take off reader stage) dan tahap membaca lancar (independent reader stage). (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *