Pendidikan Agama Islam

Visi :

Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang unggul, kompetitif, dan bertaraf internasional pada tahun 2030.

Misi :

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan agama Islam secara profesional, akuntabel dan bertaraf internasional
2. Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan agama Islam yang kompetitif, inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat global.
3. Melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis riset di bidang pendidikan agama Islam.

Tujuan program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Lamongan adalah:

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan agama Islam sebagai pendidik yang profesional, unggul, berakhlak mulia, dan bertaraf internasional serta mampu merespon dan memberikan kontribusi sesuai dengan perkembangan zaman.
  2. Menghasilkan ilmu dan teknologi dalam bidang pendidikan agama Islam
  3. Menghasilkan sarjana yang memiliki jejaring di bidang Pendidikan Agama Islam, baik di level lembaga maupun masyarakat.

Sasaran Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Lamongan adalah dihasilkannya:

  1. Sarjana pendidikan agama Islam (PAI) yang memiliki penguasaan materi ajar dan metodologi pembelajaran PAI di sekolah/ madrasah dan PAI untuk studi lanjut dengan kualifikasi:
    a.    Lama masa studi yang dicapai mahasiswa rata-rata 3,5 tahun atau maksimal 4,5 tahun
    b.    Indeks Prestasi Kumulatif lulusan minimal 3,00 dan diupayakan meningkat setiap tahunnya
    c.    Memiliki sertifikat minimal 3 macam pelatihan soft skill
    d.    Memiliki pengalaman melakukan PPL di institusi/ lembaga yang relevan dan mendukung peningkatan kompetensi.
  2. Sarjana pendidikan agama Islam yang memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran PAI dan memiliki integritas diri sebagai al-uswah al-hasanah dalam mendidik, kreatif dan inovatif dengan kualifikasi:
    a.    Menghasilkan minimal satu karya media pembelajaran PAI
    b.    Menghasilkan minimal satu karya penelitian yang berkontribusi kepada pengembangan keilmuan pendidikan agama Islam
    c.    Mampu memimpin ibadah amaliah (seperti menjadi imam shalat)
    d.    Mampu membaca Al-Quran dan menulis huruf Arab dengan baik
    e.    Memiliki kemampuan menghafal surat-surat pendek dan doa harian
  3. Sarjana pendidikan agama Islam yang memiliki kemampuan interaksi, komunikasi, dan berjejaring dengan lembaga dan masyarakat dengan kualifikasi:
    a.   Mampu memberikan pelatihan peningkatan kapasitas dan pengetahuan yang mendorong kepada pemberdayaan masyarakat
    b.    Mampu membangun kerjasama dengan minimal satu instansi baik pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, maupun   lembaga non pendidikan
    c.    Mampu memperkuat jaringan kemitraan dengan lembaga di dalam maupun luar kampus.