Profil

Pada awalnya, Universitas Islam Lamongan (UNISLA) pada waktu didirikian menggunakan nama Uiversitas Islam Sunan Giri Lamongan, didirikan dan beroperasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tertanggal 10 Agustus 2000 Nomor 146/D/O/2000 merupakan perguruan tinggi yang kedua didirikan oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Islam “Sunan Giri” Lamongan disamping Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sunan Giri Lamongan berawal dari keinginan kuat di kalangan ulama dan cendekiawan muslim Ahlussunnah wal Jama’ah dan pengurus Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Islam “Sunan Giri” Lamongan untuk mengembangkan STIT Sunan Giri  dengan mendirikan suatu Universitas yang mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal demikian dilandasi oleh beberapa pemikiran berikut in:

  1. Adanya kesadaran bahwa upaya peningkatan kualitas umat tidak terlepas dan’ kegiatan pendidikan, khususnya pendidikan tinggi sebagal salah satu sistem dalam peningkatan kualitas manusia.
  2. Pendidikan Tinggi Islam yang sudah ada dirasakan belum memenuhi kebutuhan SDM yang berkualitas, baik tenaga akademik maupun tenaga profesional dengan dana yang tersedia.
  3. Meningkatnya jumlah lulusan SMA atau yang sederajat tidak tertampung di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang telah ada, karena tidak mampu membayar biaya pendidikan yang dirasakan sangat mahal.
  4. Telah tersedia modal dasar yang dapat didayagunakan untuk mendirikan Perguruan Tinggi Islam.

Animo masyarakat yang ingin menempuh pendidikan tinggi umum (dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasioanal) sangat bagus. Dengan animo yang sangat besar, maka Pengurus Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Islam “Sunan Giri” Lamongan membentuk Tim untuk mendirikan Universitas Islam Lamongan yang pengurusan Dirjen Dikti dimulai sejak tanggal 9 September 1999.

Adapun Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Lamongan yang disingkat dengan Prodi PAI  FAI UNISLA berdiri pada tahun 1979, adalah embrio dari Universitas Islam Lamongan, pada awalnya adalah cabang dari Fakultas Agama Islam  Universitas Sunan Giri  Jawa Timur. Pada tahun 1983 mendapat ijin penyelenggaraan pendidikan sendiri  dengan nama  ”Fakultas Agama Islam  UNSURI (Universitas Sunan Giri) Jawa Timur di Lamongan” dengan Surat Keputusan Menteri Agama No. Kep./E.III/PP.000.2/1303/83, tanggal 16 April 1983. Pada tahun 1989 berubah menjadi ”Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah” (STIT) Sunan Giri Lamongan,  dengan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 1989, tanggal 11 Maret 1989. Pada tahun 2001 berubah menjadi Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam dengan Surat Keputusan Menteri Agama No.E/115/2001, tanggal 9 Mei 2001 dan Ijin penyelenggaraan diperpanjang terakhir berdasarkan SK. Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI No. Dj.I/576/2011, tanggal  19 Maret 2011.

Status terakreditasi dari BAN-PT telah diperoleh oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam pada tahun 2007 adalah nilai akreditasi B (Baik), berdasarkan Keputusan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 028/BAN-PT/Ak.x/S1/XI/2011, berlaku sampai tanggal 26 September 2016.

Visi

Menjadi Fakultas Agama Islam  yang unggul dan terkemuka dalam pengembangkan ilmu-ilmu keislaman Ahlussunnah wal jama’ah khususnya dalam bidang Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini di Jawa Timur pada tahun 2020.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan agama Islam Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini secara profesional, akuntabel, dan berdaya saing tinggi.
  2. Mengembangkan pemikiran, teknologi dan pusat studi pendidikan agama Islam, Ekonomi Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Berbasis Kompetensi dan Islam ahlussunnah wal jamaah.
  3. Memperbaiki mutu sarana dan prasarana serta manajemen secara berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kerjasama kemitraan yang sinergis dengan pihak-pihak lain.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang profesional, akuntabel dan berdaya saing tinggi melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.
  2. Menghasilkan produk pemikiran, teknologi, dan pusat studi Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  3. Memberikan konstribusi terhadap pengembangan kualitas studi pendidikan agama Islam, Ekonomi Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  4. Mengembangkan dan membina atmosfir akademik yang sehat, dinamis, serta didukung oleh budaya ilmiah yang menjunjung tinggi kebenaran, terbuka, kritis bertanggungjawab, kreatif, inovatif, dan tanggap terhadap perkembangan pendidikan agama Islam.