Dr. Hepi Ikmal, S.Pd.I., M.Pd.I.

Penelitian

  1. Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Pembelajaran PAI dalam Membentuk Pelajar Anti Radikalisme di SMK Wachid Hasjim Maduran Lamongan, (Litbang Pemas, Unisla, 2023)
  2. Pendidikan Islam Multikultural dalam Membangun Moderasi Beragama Mantan Teroris di Yayasan Lingkar Perdamaian Lamongan (Disertasi-Unisma, 2022)
  3. Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MTs Roudhatul Qur’an Lamongan (Litbang Pemas, Unisla, 2022)
  4. Leading Learning Models in Covid-19 Conditions (Study on The Impelementation of Blended Learning Model in MAN 1 Lamongan), (Litbang Pemas, Unisla, 2021)
  5. Dakwah dan Media Sosial (Kajian Sosiologis Paham Keagamaan Masyarakat Digital atas Dakwah Ustadz Abdul Somad Perspektif Peter L. Berger, (Kemenristek Dikti, 2019)
  6. Pengembangan Pendidikan Islam Fakir Miskin dan Yatim Piatu Lembaga Kesejahteraan Sosial dan Anak Al Mu’awanah Lamongan, (Kemenristek Dikti, 2018)
  7. Efektifitas Beasiswa terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Pemkab. Lamongan, (Litbang Daerah Kab. Lamongan, 2016)
  8. Paradigma Progresif dalam Mengembangkan Pendidikan Humanis (Telaah Pemikiran Paolo Freire dan Ki Hadjar Dewantara, (Tesis-UIN Surabaya, 2015)
  9. Pengaruh Penerapan Metode Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA Al Fitrah Surabaya, (Skripsi-IAIN Surabaya, 2011)

Makalah

  1. Actualization of Teacher’s Role in Building Religious Moderation in MIN 1 Lamongan, (International Conference Enviromental Health, Sosioconomic, and Technology, 2022)
  2. Leading Learning Models In Covid-19 Conditions (Study on the Implementation of Blended Learning Model in MAN 1 Lamongan), (International Conference on Islam and Global Civilization (IConIGC), Unisma, 2021)
  3. Pengembangan Pendidikan Agama Islam Anak Yatim Piatu di LKSA Al Mu’awanah Lamongan’, (Seminar Nasional, Unisla, 2018)

Publikasi Buku

  1. Media Pendidikan Agama Islam (Konsep, Pemilihan, Pengembangan dan Evaluasi) (Lamongan: Nawa Litera Publisihing, 2023)
  2. Nalar Humanisme dalam Pendidikan: Belajar dari Ki Hadjar Dewantara dan Paulo Freire (Lamongan: Nawa Litera Publisihing, 2022)
  3. Blended Learning Solusi Pembelajaran di Era Pandami, (Lamongan: Nawa Litera Publisihing, 2021)
  4. Sejarah dan Akulturasi Budaya di Desa Pendowolimo (Lamongan, Litbang Pemas Unisla, 2021)
  5. Dakwah dan Media Sosial (Kajian Sosiologis Paham Keagamaan Masyarakat Digital atas Dakwah Ustadz Abdul Somad), (Tuban: CV. Mitra Karya, 2019)
  6. Pengembangan Kurikulum; Teori Dan Aplikasi (Lamongan: CV. Pustaka Ilalang, 2018)

Jurnal

  1. The Implementation of Islamic Religious Education (PAI) in Shaping the Profile of Rahmatan lil alamin Students in a Madrasah, EDUCATIO: Journal of Education 8 (2), (2023)
  2. Literacy-Based Project Based Learning (PjBL) in Fiqh Learning at MAN 1 Lamongan, EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya 6 (1) (2023)
  3. Implementasi dan Pembentukan Moderasi Beragama di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan, Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 19 (1), (2023)
  4. Multicultural Islamic Education for Ex-Terrorists: Paradigms, Orientations, and Approaches, Edukasia, Vol 17, No 2 (2022)
  5. Peran Guru dalam Implementasi Pendidikan Karakter Perspektif Trilogi Ki Hadjar Dewantara di MA Roudhatul Muta’abbidin Lamongan, Al Murabbi Vol. 7 No. 2 (2022)
  6. Sikap Sosial Kurikulum 2013 yang Dikembangkan di MA Tanwirul Qulub Karanggeneng Lamongan, Sawabiq: Jurnal Keislaman 1 (2), 2022
  7. Pemikiran KH Masjkur dalam Mendesain Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Kebangsaan, Akademika 15 (2) (2021).
  8. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences di SMAN 1 Kedungpring Lamongan, Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 5 (1), (2021), 34-47
  9. Leading Learning Models in Covid-19 Conditions (Study on the Implementation of Blended Learning Model in MAN 1 Lamongan), International Conference on Islam and Global Civilization, Unisma, 2021
  10. Multikultural Dalam Peradaban Indonesia (Kritis, Toleransi, Dan Empati)’, Al Murabbi, 6.1 (2020), 38–37
  11. Memahami Etika Pendidik Dan Peserta Didik (Telaah Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adab Al-’Alim Wa’, Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4.1 (2020), 416–30
  12. Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Peserta Didik’, Akademika, 12.2 (2018), 212–23
  13. Konsep Belajar Persepektif Imam Al-Ghazali Dalam Buku Ayyuhal Walad Fi Nasihati Al-Muta’allimīn Maw’izatihim Liya’lamū Wa Yumayyizū ’Ilman Nāfi’an Min Ghayrih’, Akademika, 11.2 (2017), 180–94
  14. Pengembangan Pendidikan Agama Islam Anak Yatim Piatu di LKSA Al Mu’awanah Lamongan’, in Prosiding Pendidikan, 2018, i, 153–61
  15. Paham Keagamaan Masyarakat Digital ( Kajian Atas Dakwah Ustadz Abdul Somad Perspektif Konstruksi Sosial )’, Mediakita, 3.1 (2019), 65–80
  16. Pendidikan Humanis: Telaah Perbandingan Ki Hajar Dewantara dan, Paulo Freire, Akademika, 9.1 (2015),
  17. Kontruksi Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik Pada Pembelajaran Fiqih di MAN 1 Lamongan, Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2 (2), (2018), 130-138
Lang »
× Butuh Bantuan?